1.Atmosfera
adalah: lapisan udara yang menyelubungi bumi
Lapisan-lapisan yang ada pada atmosfera adalah
: Troposfera, Tropopause,
Tratosfera,Ionosfera
2.Lapisan-lapisan udara (atmosfera) bumi dari
bawah keatas beserta
lapisan-lapisan peralihannya masing-masing
adalah :
a. Troposfera : Batas-batas Trofosfera di atas kutub-kutub
bumi terletak pada ketinggian 9-11 Km, Sedangkan di ecuatorial terletak pada
ketinggian 18-20 Km
b.Tropopause : Merupakan lapisan transisi antara Troposfera
dengan Stratosfera
c. Stratosfera : Batas-batas Stratosfera terletak pada
ketinggian kurang lebih 50 Km di atas pemukaan bumi
d. Ionosfera : Batas2 Ionosfera sulit
ditentukan dengan pasti
3.lapisan atmosfera dari bawah keatas serta keadaan temperatur masing-masing adalah :
a. Trofosfera
: Temperatur udara makin
keatas makin berkurang secara rata2 0.6 0C tiap 100 meter
b.Tropopause
: Merupakan lapisan transisi
antara Trofosfera dengan Stratosfera
c. Stratosfra
: Temperatur udara makin
keatas tidak makin berkurang, bahkan temperatur udara makin keatas makin
bertambah tinggi.
d.Ionosfera : Batas* sulit di tentukan atau lapisan teratas hampa
udara.
4.Ketinggian dan keadaan temperatur terhadap kenaikan tinggi
pada masing-masing lapisan atmosfir adalah
a. Troposfera : Temperatur udara makin ke atas makin dingin.
b.Stratosfera
: Temperatur udara makin
keatas makin naik
c. Ionosfera
: Hampa udara
5.Kegunaan dari atmosfir
pada permukaan lapisan bumi bagi
kehidupan manusia adalah:
a. untuk menyerap gelombang2 pendek matahari
(sinar) yang sangat berbahaya bagi manusia
b.untuk memantulkan gelombang2 radio tertentu,
sehingga kapal2 dari pemancar yang sangat jauh
6.Jelaskan apa yang dimaksud masing2 dengan
kelembapan udara dan udara jenuh serta faktor* apakah yang dapat mempengaruhi
kelembaban udara & udara jenuh tersebut
Jawab :
a. Kelembaban
udara : Banyaknya uap air
yang terkandung dalam udara
b.Udara
jenuh : Faktor* yang
mempengaruhi kelembaban udara.
c. Temperatur
7.Yang di maksud dengan kelembaban udara relatif
dan temperatur titik embun adalah :
a. Kelembaban
udara relatif adalah nilai
perbandingan antara banyaknya uap air yang betul* terkandung didalam udara
dengan nilai kemampuan maksimum udara yang bersangkutan untuk mengandung uap
air pada temperatur yang sama.
b.Temperatur
titik embun adalah temperatur
dimana suatu udara mulai menghasilkan kondensasi apabila didinginkan
.
8.Macam-macam
kabut yang dapat terjadi dan terbentuknya
kabut adalah :
a. Kabut Tipis
b.Kabut Tebal
Terbentuknya kabut adalah Awan (low) stratus yang karena suatu
sebab mencapai permukaan tanah dan tidak mempunyai gambar apa-apa melainkan
suatu layar permukaan yang rata, hal inilah yang akhirnya manjadi kabut.
9.Jelaskan persamaan & perbedaan antara awan
dan kabut srta embun
Jawab :
Persamaan : sama-sama dari udara yang mengandung
air Perbedaan :
10. Gaya-gaya yang bekerja pada angin geostropis adalah :
a. GAYA GRADIEN : Gaya pendorong angin
b.GAYA CORIOLIS : Gaya pembelokan arah agin terhadap arah gradien
tekanan udaranya yang di timbulkannya oleh perputaran bumi atas sumbunya itu
11. Oklusi yaitu terjadi kalau front panas
(depresi) daerah sedang terkejar oleh front dinginnya,sehingga depresi daerah
sedang makin mengecil dan akhirnya gelombang front yang bersangkutan lenyap
sama sekali.
Tiga macam Oklusi :
a. Oklusi Front panas
b.Oklusi front dingin
c. Oklusi tingkat atas
12. Tanda-tanda
bahwa akan ada siklon tropis yaitu :
a.Tekanan udara : Didaerah tropika dalam keadaan biasa
tekanan udara tidak pernah menyimpang jauh dari nilai rata*nya
b. Angin : Penyimpangan arah
angin terhadap keadaan rata* arah angin
c.
Alun : Di daerah siklon
tropika, hadirnya alun-alun
d. Awan : Awan*cirrus dan cirro
columus yang tersusun dalam barisan yang menuju ke sustu pusat di langit
13.Yang dimksud dengan
a. Dangerous Semi Circle: Sektor setengah lingkaran dari
siklon tropika dimana kapal* yang sudah berada di dalamnyasulit sekali untuk
melarikan diri dari pusat siklon tropika.
b.Navigable Semi Circle : Bagian setengah
lingkaran dari siklontropika dimana kapal* yang sudah didalamnya masih dapat
melarikan diri dari pusat siklon tropika ang bersangkutan
a.Ilmu Cuaca adalah Ilmu yang mempelajari gejala2,
peristiwa2 dan proses2 yang terjadi di dalam lapisan udara yang menyelubungi
bumi
14.Yang
dimaksud dengan tekanan udara & garis isobar adalah
a. Tekanan
udara adalah sama dengan
berat udara yang berada tegak lurus di tempat penilik yang bersangkutan, jika
tempat penilik makin tinggi, tekanan udara makin berkurang
b.Garis
Isobar adalah Garis pada peta
yang menghubungkan tempat yang mempunyai tekanan udara yang sama
15. Front Cuaca yaitu : Bila dua garis udara bertemu maka tidak apat
langsung bercampur antara keduanya ter bentuk suatu dinding pemisah.
Garis Front yaitu : Garis perpotongan antara bidang front
dan permukaan bumi.
Bidang Front yaitu : Dinding pemisah antara dua jenis
udara yang bertemu.
16. Klasifikasi
masing-masing front adalah:
a. Front
Akumulasi Panas : Front akumulasi yang terjadi apabila
udara post prontal sehingga dipermukaan bumi terbentuk front panas baru
b.Front
Akumulasi Tingkat Panas : Front
akumulasi yang terjadi apabila udara dingin di belakang front dingin sama
dingin dan pada panas udara di ika panas
c. Variasi
Harian Temperatur Udara : Pada
variasi ini temperatur di capai beberapa saat setelah metahari melewati titik
kulminasi atasnya dan temperatur terendah mencapai pada saat terbit
matahari.Variasi tahunan temperatur udara di belahan bumi udara temperatur di
capai bulan Juli sedangkan yang terendah pada bulan Januari
17. jenis-jenis awan yang tergolong menurut
bahan / partikel-partikel adalah :
a.awan tinggi
golomgan awan
tinggi terdapat pada ketinggian
6000 meter keatas.
Jenis2 awan tinggi adalah :
Jenis2 awan tinggi adalah :
1. cirrus
2. cirro cumulus
3. cirro stratus
b. awan menengah adalah golongan awan menengah terdapat pada ketinggian antara 2000 meter dan 6000 meter
jenis2 awan
menegah :
1.alto cumulus
2. alto stratus
c. awan rendah
golongan awan rendah, terdapat
pada ketinggian 2000 meter kebawah.
Jenis2 awan rendah :
1. nimbo
stratus
2.stratus
cumulus
3. low
stratus
d. golongan awan yang membumbung ke atas
1.cumulus humilis
2. cumulus congestus
3.comulus mimbus
18. Untuk mengetahui adanya
udara buruk gejala2 awan yang timbul adalah awan jenis himbo stratus
19. Yang
menyebakan tekanan udara selalu berubah adalah
:
perbedaan tinggi rendahnya suatu tempat semangkin tinggi tekanan udara
semangkin berkurang
20. Pengaruh2 yang akan timbul disebabkan oleh
tekanan udara terhadap keadaan cuaca di suatu tempat adalah :
pengaruh yang timbul oleh tekanan udara terhadab keadaan cuaca yaitu
tekanan rendah dan tekanan tinggi makin besar nilai perbedaan tekanan udara
antara dua tempat, maka makin besar pula kecepatan angin maka memungkinkan timbul badai /taipun
21.


Penjelasan sesuai gambar :
Jika temperatur udara naik, maka gelang2 B akan memuai, sehingga
menarik bagian belakang jarum D ke atas, dengan akibat bahwa ujung jarum D
berputar ke bawah untuk menunjukan nilai2 temperatur yg lebih tinggi. Dan kalau
temperatur udara turun maka gelang bagian B mengecil sehinga menarik bagian
belakang jarum D ke bawah. Dg akibat ujung jarum D berputar keatas untuk
menunjukan nilai yang lebih tinggi
Cara kerjanya adalah : didasarkan atas sifat gelang logam (bimetal)
yang akan memuai kalau temperatur naik dan akan mengecil kalau temperatur
turun. Gerakan memuai mengecil tsb disalurkan kepada sebuah jarum penunjuk yang
berputar2 diatas sebuah sekala temperatur.
22. Terjadinya
sistim2 tekanan tinggi dan tekanan rendah adalah :
Karena adanya perbedaan lintang pada permukaan bumi
Dilintang 20° U dan 20° S atau di daerah equatorial terdapat tekanan
rendah
Dilintang 20° U/ S dan lintang 50° U/ S (dairah subtropika)terdapat tekanan
tinggi.
Dilintang 50° U/ S dan lintang 70° U/ S (daerah sedang)terdapat tekanan rendah
Dilintang 70° U/ S dan lintang 90° U/ S (daerah kutub)terdapat tekanan tinggi
23. Cara-cara menyatakan Tingkat Kelembaban Udara adalah :
a. Lembab
Udara Relatif : menyatakan kelembaban udara dalam
satuan prosen
b.Lembab
Udara Absolut : menyatakan
banyak garam uap air yang terkandung dalam tiap satu meter kubik udara
c. Lembab
Udara Spesifik : menyatakan
banyak garam uap air yang terkandung di dalam tiap satu kilogram udara.
d. Mixing Ratio (Perbandingan Campuran) : menyatakan garam uap air yang bercampur
dengan tsb tiap satu kilogram udara kering
e. Dew Point
Temperatur (Temperatur Titik Embun) ialah temperatur dimana suatu udara mulai menghasilkan kodensasi apa
bila didinginkan
24. kegunaan
alat meteorologi berikut ini :
a. Weatdher
Facsimile : suatu alat
penerima berita tentang keadaan cuaca pada suatu tempat
b.
Anenometer
: alat untuk mencatat
kecepatan angin


c.
Wind
Vene : suatu alat untuk mengukur
arah angin

25. Yang di
maksud dengan :
a. Angin
Darat : angin periodik yang
bergerak pada malam hari bertiup dari darat ke laut
b.Angin
Laut : angin periodik yang
bergerak pada siang hari dari laut kedaratan
26. ANGIN adalah gerakan udara secara horizontal, angin mengalir
dari tempat2 yang bertekanan udara tinggi menuju ke tempat2 yang tekanan
udaranya lebih rendah.
Makain besar nilai perbedaan
tekanan udara antara dua tempat makin besar kecepatan angin.
Besar kecil nilai perbedaan tekanan udara itu
disebut GRADIEN TEKANAN UDARA (Gaya
Pendorong Angin).
27. Angin Geostrofis adalah : angin yang mengalir di sekitar isobar-isobar
yang lurus tanpa mengalami gaya gesekan dari permukaan bumi. Angin ini dijumpai
pada ketinggian 500 meter ke atas.
28. Angin Gradien adalah : angin yang bertiup disekitar isobar-isobar
yang lengkung tanpa mengalami gaya gesekan dari permikaan bumi.
29. Yang
menyebapkan terjadinya angin adalah:
perbedaan tekanan udara antara dua tempat
30. Angin terbagi menjadi 3 golongan yaitu
a. Angin tetap yaitu : angin yang sepanjang tahun terus menerus
bertiup dalam satu arah tampa berbalik atau berganti arah contohnya angin pasat
dan angin barat tetap
b.Angin periodika yaitu : angin yang
berganti up berganti arah dalam suatu priode (contohnya)angin muson, angin
darat, angin laut, angin lembah / angin gunung
c. Angin lokal atau setempat yaitu : angin yang terjadi
disuatu tempat contohnya : angin fohn, angin blora, mistral, setrocco,
marmattan
31.Cara menyatakan data tentang jumlah awan adalah :
Dengan mengamati disekeliling tempat kita. Jenis2 awan apa saja yang
kelihatan, dan dalam penulisan data tsb cukup dengan nama singkatan dari awan
tersebut
32. Langkah2 yang di ambil, jika
kapal berada di cuaca buruk adalah :
a. Mengoreksi keadaan cuaca
tekanan udara dan temperaturnya
b.Pengamatan yang lebih cermat dan teliti
c. Alat2 navigasi dipersiapkan dan difungsikan
seperti radar, feksimail
d.
Kalau
perlu mengurangi kecepatan kapal
e. Hidupkan lampu navigasi baik pada siang hari
f. Menganalisis dgn kapal
33. Yang
dimaksiud dengan :
a. BAROMETER
: alat untuk mengukur tekanan
udara
b.CRONOMETER
: alat pencatat waktu, yang sesuai
dengan waktu GMT
c. BAROGRAF
: yaitu barometer aneroid yang
dapat mencatat sendiri.
d. ANEMOMETER
: alat untuk mengukur
kecepatan angin yang dinyatakan dalam knot / mil / jam.
e. ANEMOMETER adalah alat untuk mengetahui berita keadaan
cuaca pada suatu tempat.
34. Perbedaan
antara temperatur udara harian dengan temperatur udara tahunan:
a. Temperatur
Udara Harian : nilai
perbedaan antara temperatur tertinggi dengan temperatur terendah dalam jangka
waktu satu hari (24 jam)
b.Temperatur
Udara Tahunan : nilai
perbedaan antara temperatur bulan terpanas dengan temperatur bulan terdingin
dalam waktu satu tahun
35. Yang di
maksud dengan LEMBAB UDARA RELATIF
adalah :
nilai perbandingan antara banyaknya uap air yang betul2 terkandung
dalam udara, dengan nilai kemampuan maxsimum udara yang bersangkutan untuk
mengandung uap air pada temperatur yang sama
36. Awan yang
nampak saat terjadi TAIPUN (angin
kencang) yaitu :
awan nimbo stratus yang juga
dapat menyebabkan cuaca buruk
METEOROLOGI II
1.Nama ukuran
tekanan udara dalam meteorologi adalah :
Milimeter air raksa atau milibar
2.Cara
untuk mendapatkan temperatur harian adalah :
Dengan cara menjumlahkan temperatur dari jam 24 kemudian di bagi 24
rumusnya
Rh = 

3.Kebanyakan termometer
gelas, berisi air raksa adan kuntunganya adalah :
a. Air raksa tidak dapat membasai gelas
b.Panas jenis air raksa kecil sehingga mudah menerima suhu
dari sekitarnya
c. Dapat nampak dengan jelas
sekali sehingga memudahkan pembacaan
d.
Pemuaiyan teratur
e. Mudah di jernihkan secara
kimiawi
4.Sebabnya awan tetap
melayang di udara yaitu:
sebap awan terdiri dari buti2 air cair yang
berukuran sedemikian mungkin kecil
5.Dua Jenis angin lereng adalah
a. Angin
Fohn yaitu angin yang terjun
dari gunung dan memyebabkan kenaikan temperatur udara di daratan rendah atau di
lembah dimana angin terjun itu tiba.
b.Angin
Blora yaitu angin terjun dari
gunung yang membawa penurunan temperatur udara di dataran rendah atau lembah
dimana amgim bora itu tiba.
6.Perbedaannya
angin gunung dan angin lembah
adalah :
Angin Gunung /lembah adalah :
angin periodic yang berperiode
satu hari.
Perbedaannya :
a. Pada siang hari terjadi Angin Lembah ialah angin
yang mengalir dari lembah mendekati gunung.
b.Pada malam hari terjadi Angin Gunung, ialah angin yang mengalir dari gunung
dan turun kedalam lembah
7.Dalam menghadapi cuaca buruk, yang di maksud
dengan :
a.Dangerous Semisircle yaitu:
sektor setengah lingkaran dari
siklon tropika dimana kapal2 yang sudah berada didalamnya sulit sekali untuk
melarikan diri dari pusat siklon tropika
b.
Navigable Semi Sircle yaitu :
bagian setengah lingkaran dari siklon tropika
dimana kapal2 yang sudah di dalamnya masi dapat melarikan diri dari pusat
siklon tropika yang bersangkutan
8.Penggolongan dan sifat2 front cuaca menurut
a.Menurut Arah
Gerak :
1) Front
Stationer : sebuah front
cuaca yang tidak bergeser dimana jenis udara panas menggeserkan jenis udara
yang lebih dingin
2) Front
Dingin : sebuah front cuaca
yang bergerak dimana jenis udara dingin menggeserkan jenis udara yang lebih
panas
b.
Menurut
Letak Geografis :
1) Front
Equatorial : front cuaca yang
terbentuk di daerah eqmator
2) Front
Pasal : front cuaca yang
terbentuk di daerah subtropika
3) Front
Polair : front cuaca yang
terbentuk di dairah sedang karena adanya pertemuan antara jenis udara tropika
dengan jenis udara polair
4) Front
Arktis : front cuaca yang
terbentuk di daerah kutup
9.Unsur
yang dapat di pergunakan
sebagai tanda adanya atau mendekatnya
sebuah siklon tropis didekat /sekitar posisi kapal adalah :
a. Tekanan Udara : jika
terjadi penurunan tekanan udara yang
sangat drastis jauh di bawah nilai normalnya
b.Angin : jika
terjadi penyimpangan arah dan kecepatan angin dari dari arah kesepakatan angin
yang biasa bertiup di daerah tersebut dimana arahnya terus berubah2 dan
kecepatan bertambah
c. Alun :
kedatangan alun yang mangkin lama mangkin mangkin besar
d.
Awan : barisan awan cirrus cumulus yang mangkin padat menuju
kesuatu langit
10.
Data2 cuaca yang harus di catat di dalam buku
harian kapal, selama jaga laut
adalah:
a. arah dan kecepatan angin
b. tekanan udara
c. suhu dan temperature udara
d. kelembaban udara
e. awan
f. ombak / gelombang
11.
Yang mengurangi
nilai Amplitudo Temperatur Harian dan Tahunan adalah :
a. lintang tempat penilik
b.sifat permukaan bumi dimana stasiun penilik
berada
c. banyaknya awan yang meliputi langit apabila
yang di maksut dengan anomali
d.
nilai
perbedaan temperatur antara tempat yang bersangkutan dengan temperatur rata2
lintang di mana tempat tersebut berada / terletak
12.
Yang di
sebut Variasi Harian Temperatur Udara
adalah :
temperatur tertinggi dicapai berapa saat setelah matahari melewati
titik kulminasi atasnya, dan temperatur terendah di capai beberapa saat sesudah
terbit matahar
13.
Cara memperoleh Rata-rata
Temperatur suatu lintang tertentu adalah :
diperoleh dengan menjumlahkan nilai2 temperatur
statiun2 yang terletak pada lintang yang bersangkutan, dan kemudian nilai
penjumlahan temperatur2 tsb di bagi kembali dengan jumlah statiun2 yang telah
di ikut sertakan.
Contoh;
misal lintang A,B,C,D, terletak pada suatu
lingkaran lintang dimana temperatur masing2 sbb ;
A=20°C
B=22°C
C=24°C
D=26°C
maka temperatur rata2 suatu Lintang Tsb

=
C

14.
Hubungan antara lembab udara relatif dengan
temperatur titik embun adalah :
Hubungannya adalah apa bila udara di dinginkan sampai
mencapai mencapai titik embun maka2 nilai kemampuan maxsimum udara yang
bersangkutan untuk mengandung uap air semangkin mengecil maka nilai lembab
udara relatifnya semangkin besar. Sebaliknya jika kemampuan maksimum udara yang
mersangkutan untuk mengandung uap air semangkin membesar maka nilai lembab
udara relatif nya semangkin kecil
15.
GARIS ISOBAR adalah sebuah garis yang
menghubungkan tempat-tempat yang mempunyai nilai tekanan udara yang sama
besarnya.
16.
Bentuk2 / SISTIM DAN
SUBSISTIM ISOBAR :
a. Sistim Isobar Tertutup terdiri dari :
1)
Sistim Tekanan Tinggi atau Sistim Tekanan Anti Cyclonal
2)
Sistim Tekanan Rendah atau Sistim Tekanan Cyclonal
b.Sistim Isobar Tidak
Tertutup terbagi atas :
1)
Sistim Tekanan Pelana
Simmetris
2)
Sistim Tekanan Pelana
Anti Cyclonal
3)
Sistim Tekanan Pelana
Cyclonal
![]() |
Sistem Tekanan Tinggi (Gbr:a.1)
Pada sistem tekanan
tinggi, dipusatnya terdapat tekanan tinggi dan makin jauh dari pusat tekanan
udara makin berkurang.
H = Hight
mb = miliba
![]() |
Sistim Tekanan Rendah (Gbr: a.2)
pada sistem tekanan
rendah, dipusatnya terdapat tekanan udara rendah dan makin jauh dari pusat,
tekanan udara makin bertambah tinggi.
L = low
mb = milibar.
![]() |
Sistim Tekanan Pelana Simmetris (Gbr: B.1)
Sistem tekanan pelana terdiri dari dua buah tekanan rendah, yang saling
berhadapan, maka lengkungan isobar-isobar tekanan rendah adalah sama tajamnya
dengan lengkungan isobar-isobar tekanan tinggi.
H = Hight
L = Low
mb = milibar
![]() |
Sistim Tekanan Pelana Anti
Cyclonal (Gbr: B.2)
Pada sistem tekanan pelana anti ciclonal maka lengkungan isobar-isobar
daerah tekanan tinggi adalah lebih tajam dari pada lengkungan isobar-isobar
daerah tekanan rendah.
H = Hight
L = Low
mb = milibar
![]() |
Sistim tekanan pelana ciclonal
(Gbr: b.3)
pada sistem tekanan pelana cyclonal lengkungan isobar-isobar daerah tekanan
rendah adalah lebih tajam dari pada lengkungan isobar-isobar daerah tekanan
tinggi.
H = Hight
L = Low
mb = milibar
17.
Pada umumnya AWAN yaitu :
terdiri dari butir2 air cair yang berukuran
sedemikian kecil sehingga tidak jatuh
18.
ARAH ANGIN adalah arah dari mana angin itu datang
Satuan2 untuk menyatakannya adalah : knot dan
meter / detik
19.
Faktor yang mempengaruhi SUDUT BIDANG PRONT adalah :
a. Perbedaan temperatur antara jenis udara panas dengan
jenis dingin yang terdapat di sebelah / menyebelah bidang pront
b.Perbedaan kecepatan komponen angin yang
sejajar dengan garis prontcuaca ya ng terdapat disebelah menyebelah bidang
pront
c. Lintang geografis dimana F cuaca yang bersangkutan berada
20.
Alat2 untuk mengukur
tekanan udara :
a. Barometer air raksa
b.Barometer aneroid atau barometer logam
c. Barograf
1.Barometer Air Raksa :
![]() |
Prinsip kerja Barometer air
raksa:
Sebuah pipa dari kaca diisi penuh dengan air raksa. Pipa kaca dibalik
dan dimasukkan kedalam sebuh tabung yang
berisikan air raksa pula. maka air raksa didalam pipa akan turun sedemikian
jauh, sehingga tekanan air raksa di dalam
pipa tingkat A mengimbangi tekanan udara di luar pipa pada tingkat A.
Apabila tekanan udara pada tingkat A di luar pipa turun, maka air raksa
dari dalam pipa akan turun dan sebaliknya apabila tekanan udara diluar pipa
naik, maka air raksa dari dalam pipa akan naik.
Tekanan udara pada lajur tingkat A di dalam pipa senantiasa mengimbangi
tekanan udara pada tingkat A di luar pipa, maka panjang tegak lurus air raksa
di dalam pipa dipakai sebagai ukuran tinggi rendahnya nilai tekanan udara.
Secara rata-rata tekanan udara di permukaan bumi yaitu 760 mm, air
raksa sama dengan 1013,3 milibar.
2.Barometer Aneroid / barometer
logam
Cara kerja Barometer Aneroid adalah didasarkan pada kotak vidi yaitu
sebuah kotak yang terbuat dari plat logam. Kotak vidi akan menjadi kembang
kalau tekanan udara berkurang (turun), dan akan menjadi kempis kalau tekanan
udara bertambah besar (naik). Gerakan mengembang-ngempis kotak vidi disalurkan
kepada sebuah jarum penunjuk yang berputar-putar di atas skala tekanan udara.
![]() |
Ket gambar:
A = landasan yang berkedudukan tetap
B = kotak vidi
C = tangkai penerus gerakan
D = poros perputaran jarum penunjuk
E = jarum penunjuk
F = skala tekanan udara
Kalau tekanan udara turun, maka kotak vidi akan
mengembang, sehingga tangkai C tertolak ke atas akibatnya jarum penunjuk E
berputar ke bawah dan menunjukkan nilai tekanan udara yang lebih rendah. Kalau
tekanan udara naik, kotak vidi akan mengempis, sehingga tingkai C tertarik ke
bawah akibatnya jarum penunjuk E berputar ke atas dan menunjukkan nilai tekanan
udara yang lebih tinggi.
3.Barograf
Pada prinsipnya sama dengan barometer anoroid.
Jarum penunjuk diganti dengan tangkai pencatat. Skala tekanan udara diganti
dengan selinder yang berputar sendiri. Sebelum dijalankan pada selinder
dilingkari kertas grafik tekanan udara blanko. Tangkai pencatat yang sudah
dilengkapi tinta desandarkan pada selinder tersebut.selinder berputar dan
tangkai pencatat meninggalkan garis bekas pada kertas grafik dan garis grafik
dapat diketahui nilai tekanan udara.
![]() |
|||
![]() |
4.Pada
pembacaan Barometer Air Raksa
perlu dilakukan koreksi-koreksi
yaitu :
a. Koreksi kapilaritas
b.Koreksi Indek (kesalahan alat barometer)
c. Koreksi temperatur
d.
Koreksi
gravitasi atau koreksi lintang
e. Koreksi tinggi
5.Koreksi-koreksi pada pembacaan nilai tekanan udara pada Barometer Anoroid yaitu:
a. Koreksi index
b.Koreksi tinggi
6.Hukum
BUYS BALLOT mengenai angin :
a. Hukum
I Buys Ballot:
Di Belah Bumi Utara, arah
angin menyimpang ke kanan, dan di Belah
Bumi Selatan, arah angin
menyimpang ke kiri terhadap arah gaya gradien tekanan udaranya.
Gaya yang menyebabkan penyimpangan arah angin
terhadap arah gradien tekanan udara ditimbulkan
oleh Perputaran Bumi Atas Sumbunya dan
disebut GAYA CORIOLIS.

Hukum I Buys Ballot untuk belahan bumi utara

Hukum I Buys Ballot untuk belahan bumi selatan
b.Hukum
II Buys Ballot :
dibelah bumi utara, disekelilingi
system tekanan udara Tinggi angin mengalir secara clockwise dan di sekeliling
system tekanan udara rendah angin mengalir gaya counter clockwise.
Sedangkan di belah bumi selatan,
disekeliling system tekanan udara Tinggi angin mengalir secara counter
clockwise dan di sekeliling system tekanan udara rendah angin mengalir secara
clockwise.
c. Hukum
II Buys Ballot :
Dibelah utara kalau kita
membelakangi angin, maka pusat tekanan udara rendah terletak dalam arah tangan
kiri agak kedepan, dan pusat dan pusat tekanan tinggi terletak dalam arah
tangan kanan agak kebelakang.


7.Angin
Pasat adalah angin tetap yang
bersumber pada daerah tekanan Tinggi Subtropika dan menuju ke daerah
Equatorial.
8.Angin pasat ada 2 yaitu :
a. Angin
pasat timur laut yang
terdapat di belah bumi Utara.
b.Angin
pasat Tenggara yang terdapat
di belah bumi Selatan.
9.Angin
pasat dapat dijumpai pada daerah di bumi yaitu :
a. Di Samudera Pasific sebelah Utara Equator
yaitu : Angin Pasat Timur Laut.
b.Di Samudera Pasific sebelah Selatan Equator
yaitu : Angin Pasat Tenggara
c. Di Samudera Atlantic sebelah Utara Equator
yaitu : Angin Pasat Timur Laut.
d.
Di
Samudera Atlantic sebelah Selatan Equator yaitu : Angin Pasat Tenggara.
e. Di Samudera Hindia sebelah Selatan Equator
yaitu : Angin Pasat Tenggara.
10.
Angin Pasat tetap hanya di jumpai di belah bumi selatan ialah di
daerah-daerah antara lintang 40° dan 60° Selatan.
Dibelah bumi Utara tidak dijumpai angin pasat
tetap karena di belah bumi Utara pada lintang antara 40° dan 60° terdapat
banyak benua yang merupakan rintangan bagi aliran angin Baraat Tetap.
11.
Ada tiga
macam angin Periodik yaitu :
a. Angin
Muson dengan periode enam
bulan
b.Angin
Darat/Laut dengan periode
satu hari
c. Angin
Lembah/gunung dengan periode
satu hari.
12.
Angin Muson adalah angin periodik yang di waktu musim summer
mengalir masuk ke dalam benua dan waktu
musim winter mengalir keluar dari benua.
Di Indonesia:
§ sebelah Utara Equator
dialami
angin Muson Timur Laut antara bulan Okt s/d Mei dan angin Muson Barat Dayaantara
Mei s/d Okt.
§ Sebelah Selatan Equator dialami angin Muson
Barat Laut antara bulan Okt s/d Mei dan angin Muson Tenggara antara Mei s/d Okt
13.
Angin
Darat/Laut adalah angin periodik yang terdapat di daerah pantai
1)
Angin Darat : angin periodik yang bergerak pada malam hari bertiup
dari darat ke laut
2)
Angin Laut : angin periodik yang bergerak pada siang hari dari
laut kedaratan
Pada siang hari
permukaan darat lebih panas dari pada permukaan laut, maka tekanan udara didarat pada siang hari lebih rendah dari
pada diatas perrmukaan laut sehingga udara mengalir dari laut ke darat.
Pada malam hari permukaan
darat melepaskan panas lebih cepat dari pada permukaan laut, air laut dapat
menyimpan panas lebih lama dari pada darat, hal ini menyebabkan temperatur
udara didarat lebih rendah dari pada di laut, mengakibatkan tekanan udara di
laut lebih rendah dari pada di darat, sehingga udara mengalir dari darat turun
ke laut.
14.
Angin Gunung/Lembah adalah angin yang berperiode satu hari.
a. Angin
Gunung yaitu anngin yang
mengalir dari gunung turun ke dalam lembah, terjadi pada malam hari
b. Angin
Lembah yaitu angin yang
mendaki gunung, terjadi pada siang hari.
15.
Angin Lokal :
a. Angin
Fohn yaitu angin yang terjun
dari gunung dan menyebabkan kenaikan temperatur udara di daratan rendah atau di
lembah dimana angin terjun itu tiba.
b.Angin
Blora yaitu angin terjun dari
gunung yang membawa penurunan tempaeratur udara didaratan rendah atau di lembah
dimana angin bora itu tiba
c. Mistral
yaitu angin yang kencang dan
dingin yang bertiup di teluk Du Lion (di laut Tengah bagian Barat) dengan arah
dari Barat Laut atau Utara.
d.
Sctrocco yaitu angin kering dan panas yang berasal dari
sahara, angin ini dapat dijumpai di laut tengah bagian tengah.
e. Marmattan
yaitu angin Timur Laut yang
bertiup di Afrika BaratLaut di musim Winter. Angin ini juga berasal dari
sahara, dan menyebabkan udara di atas Lautan Atlantic mengandung banyak pasir
dan debu : hal ini disebut Kabut Merah.
16.
Jenis Udara adalah suatu massa udara yang luasnya berjuta-juta km2,
dan tebalnya sekurang-kurangnya satu kilometer, udara mana telah mempunyai
sifat-sifat fisik yang sama untuk tiap-tiap irisan horizontal
17.
Daerah Sumber Jenis Udara adalah daerah permukaan bumi di atas mana
dapat terbentuk suatu jenis udara.
18.
Syarat dapat berfungsi sebagai daerah sumber
jenis udara yaitu :
a. Daerahnya harus luas sekali, sehingga massa
udara yang berukuran luas berjuta-juta km2 itu dapat barada beberapa
hari.
b.Daerahnya harus mempunyai permukaan yang
homogen (sejenis), misalnya padang pasir yang amat luas, atau suatu padang
salju yang amat luas, dll
19.
Secara
gepgrafis, jenis udara dapat di bagi 4 golongan yaitu :
a. Jenis
Udara Equatorial yaitu jenis
udara yang terbentuk di daerah Equator antara lintang 20° Selatan dan lintang 20°
Utara.
b.Jenis
Udara Tropika yaitu jenis
udara yang terbentuk di daerah Sub tropika antara lintang 20° U/S dan 50°U/S.
c. Jenis
Udara Polaris yaitu jenis
udara yang terbentuk di daerah Sedang antara lintang 50° U/S dan 70° U/S.
d.
Jenis udar Arktris yaitu jenis udara yang terbentuk di daerah Kutub
antara lintang 70° U/S dan 90° U/S.
20.
Jenis Udara Equatorial adalah lebih panas dari pada jenis udara
Polaris, dan jenis udara Arktris lebih dingin dari pada jenis udara Polaris.
21.
Jenis2
udara berdasarkan sifat daerah sumber
udaranya :
a. Jenis
udara Maritim yaitu jenis
udara yang terbentuk di atas permukaan laut.
(jenis udara yang terbentuk di
daerah Subtropika)
b.Jenis
udara Kontinental: jenis
udara yang terbentuk di atas benua
(darat).
(yang terbentuk di daerah sedang
22.
Kalau dua
buah jenis udara saling bertemu, maka kedua jenis udara tersebut tidak akan
dapat bercampur dengan segera, melainkan akan membentuk suatu dinding pemisah.
Dinding pemisah disebut Bidang Front.
Ganbar:
a) A = bidang front
B = permukaan bumi
Di sebelah kiri A udara panas dan
sebelah kanan A udara dingin

23.
Berdasarkan
arah geraknya front cuaca dapat digolongkan sbb :
a. Front
Stasioner = front cuaca yang
tidak bergerak
b.Front
Panas = front cuaca yang
bergeser, dimana jenis udara panas menggeserkan jenis udara yang lebih dingin.
c. Front
Dingin = front cuaca bergerak
dimana jenis udara dingin menggeserkan jenis udara yang lebih panas.

Ket:
menggambarkan bentuk sebuah bidang stasioner

Ket
: menggambarkan penampang verikal dan bentuk sebuah bidang front panas. Bagian
bawah bidang front panas berbentuk runcing, sebab jenis udara dingin yag
didesak jenis udara panas mengalami gaya gesekan permukaan bumi sehingga
cenderung untuk melekat pada permukaan bumi.

Ket
: menggambarkan penampang vertikal dan bentuk sebuah budang front dingin.
Bahagian bawah bidang front dingin berbentuk tumpul, sebab jenis udara panas
yang didesak oleh jenis udara dingin mengalami gaya gesek permukaan bumi,
sehingga jenis udara panas itu cendrung untuk melekat pada permukaan bumi.
24.
Secara
Geografis, front cuaca debagi 4 golongan yaitu :
a. Front
Equatorial yaitu front cuaca
yang terbentuk di daerah Equatorial, dan terjadi karena adanya pertemuan antara
dua jenis udara Equatorial yang satu dengan udara Equatorial yang lain. Tetapi
istilah Front Equatorial tidak dipakai lagi, diganti dengan istilah
Intertropical Comvergence Zona (I.C.Z).
b.Front
Pasal yaitu front cuaca yang
terbentuk di daerah Sub Ttropika dan terjadi karena adanya pertemuan antara
jenis udara Tropikal yang satu dengan jenis udara Tropika yang lain.
c. Front
Polair yaitu front cuaca yang
terjadi di daerah Sedang, dan terjadi karena adanya pertemuan antara jenis
udara Tropikal dengan jenis udara
Polair. Front Polair Secundair yaitu front cuaca yang terbentuk di daerah
sedang dan terjadi karena adanya pertemuan antara jenis udara Polair yang satu
dengan jenis udara Polair yang lain.
d.
Front Arktris yaitu front cuaca yang terbentuk di derah Kutub.
25.
Berdasarkan
gerakan vertikal jenis udara panas dan udara dingin disekitar front, maka front
cuaca dibagi :
a. Front
+ + , yaitu sebuah front
cuaca dimana jenis udara panas bergerak ke atas dan jenis udara dingin bergerak
ke bawah.
b.Front
+ - , yaitu sebuah front
cuaca diman jenis udara panas bergerak ke atas dan jenis udara dingin bergerak
ke bawah.
c. Front
- + , yaitu sebuah front
cuaca dimana jenis udara panas bergerak ke bawah dan jenis udara dingin
bergerak ke atas.
d.
Front - - , yaitu sebuah front cuaca dimana jenis udara panas
bergerak dan jenis udara dingin bergerak ke bawah.


![]() |
26.
Berdasarkan
perubahan sudut antara bidang front dengan permukan bumi, maka front cuaca
dibagi menjadi :
a. Front
Isoklin yaitu front cuaca
dimana sudut bidang frontnya tidak berubah.
b.Front
Kataklin yaitu front cuaca
dimana sudut frontnya berubah menjadi lebih kecil.
c. Front
Anaklin yaitu front cuaca
dimana sudut bidang frontnya berubah menjadi lebih besar.
27.
Besar
sudut bidang front tergantung pada tiga faktor yaitu :
a. Perbedaan
temperatur antara jenis udara panas dg jenis udara dingin yang terdapat di sebelah-menyebelah bidang
front; makin besar selisih temperaturnya, maka makin kecil sudut bidang front.
Dan makin kecil selisih temperaturnya, maka makin besar sudut bidang frontnya.
b.Perbedaan
kecepatan komponen angin yang sejajar dengan garis front cuaca yang terdapat di sebelah-menyebelah bidang
front. Makin besar perbedaan kecepatan angin maka makin besar sudut front dan
mekin kecil perbedaan kecepatan angin maka makin kecil sudut bidang frontnya.
c. Lintang
geografis dimana front cuaca
yang bersangkutan berada. Makin
28.
OKLUSI terjadi kalau front panas (depressi) daerah Sedang
terkejar oleh front dinginnya, sehingga (depressi) daerah sedang makin
mengecil, dan akhirnya gelombang front yang bersangkutan lenyap sama sekali.
Ada 3 macam Oklusi yaitu :
a. Oklusi
front panas terjadi kalau
udara dingin pre forontal lebih dingin dari pada udara dingin post frontal,
maka pada permukaan bumi terbentuk sebuah front baru yang bersifat front panas.
![]() |
b.Oklusi
front dingin terjadi kalau
udara dingin post frontal lebih dingin dari pada udara dingin fre frontal, maka
pada permukaan bumi terbentuk sebuah front baru yang bersifat front dingin.
![]() |
c. Oklusi
tingkat atas terjadi kalau
udara dingin pre frontal dan udara dingin post frontal sama dinginnya, maka
permukaan bumi tidak terbentuk front cuaca baru.
![]() |
.
29.
Udara
dingin pre frontal adalah
udara dingin yang terdapat di belakang
front dingin depressi daerah sedang.

30.
gambar Depressi Daerah sedang dengan vertical
Cross Sectionnya menurut garis haluan a-b-c-d :

Ket:
Tekanan Udara :
Dari
A sampai B = menurun
Dari
B sampai C = naik secara perlahan
Dari
C sampai D = naik secara cepat
Arah Angin :
Dari A sampai B = angin Barat Laut
Dari C sampai D = angin Barat Daya
Dari B sampai C = angin Selatan Tenggara
Keadaan
Cuaca :
Dari A sampai P = cuaca cerah
Dari P sampai B = hujan setempat (showers)
Dari B sampai C = cuaca cerah
Dari C sampai B = hujan merata (rain)
Dari R sampai D = cuaca cerah.
Perubahan
Temperatur :
Sewaktu melewati B = temperatur naik
Sewaktu melewati C = temperatur turun
keren...??? mas broww
BalasHapusthank mas bro,,klw di butuh kan silahkan di copy paste..
Hapusgambar nya g bisa di liat mas bro
BalasHapusmaaf mas gambar contohnya gak bisa di lihat
BalasHapusTerimakasih banyak komandan...
BalasHapus